Lari dari Pelaminan untuk Ikut Tes, Suami-Istri ini Lulus CPNS

Hari dan tanggal pesta telah ditentukan. Seluruh lembaran undangan telah disebar. Pesta pernikahan akan berlangsung pada hari Senin, 12 November 2018 di Desa Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Namun tiba-tiba Kementerian Agama mengeluarkan pengumuman pelaksanaan tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 pada tanggal yang sama.

Zulfitra (Fitra) dan Fitriani (Fitri) harus memilih, tetap bersanding di pelaminan atau mengikuti tes di Banda Aceh. Pasalnya mereka sebelumnya telah terdaftar dan dinyatakan lulus administrasi dan berlanjut untuk tes berikutnya. “Tapi karena adanya dorongan dan dukungan penuh dari orang tua, akhirnya kita lari dari pelaminan untuk mengikuti tes di Banda Aceh,” demikian kata Fitra.

Awalnya kata Fitra, sempat terfikir untuk merelakan tes CPNS di Kementerian Agama tersebut karena bertepatan dengan hari H Pesta pernikahan. Pasalnya segala upaya juga sempat diusahakannya, seperti berkomunikasi dengan panitia agar jadwal tes nya digeser ke jadwal lain, bahkan sempat melaporkan langsung kepada BKN melalui twitter dan pengaduan di website sscn.bkn.go.id.

“Tapi tidak bisa. Katanya kalau nggak ikut maka dianggap gugur,” lanjut Fitra yang sehari-hari bekerja sebagai staf di DPRK Banda Aceh ini. Sempat Fitra berfikir tidak ikut, namun atas dorongan keluarga, tepat malam Senin (Besoknya pesta), Fitra dan Fitri berangkat ke Banda Aceh untuk mengikuti tes, sementara di rumah, pelaminan telah dipasang dan siap menemani kebahagian pengantin yang baru menikah ini.

“Saya teringat sekali kata ayah saya waktu itu, katanya pesta cuma keperluan sehari, sementara itu (Tes CPNS) untuk masa depan,” kata Fitra mengenang kata-kata dukungan dari orang tua tercinta di kampung. Dan benar saja, Selasa (15/01) malam, Fitra dan Fitri mengabarkan kebahagian itu, mereka berdua dinyatakan lulus CPNS pada formasi yang sama yaitu sebagai guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kementerian Agama Provinsi Aceh.

“Namun pada akhirnya perjuangan itu tidak sia-sia, ketika kabar gembira itu datang. Ini kado terindah yang Allah berikan untuk kita,” tulis Fitra di akun media sosialnya sebagai ungkapan kebahagiaan.

Sumber: anterokini